KulinerOleh-OlehProduk

Kenali 15 Makanan Khas Garut Yang Wajib Dicoba

Pesona Kuliner, Wisata dan Oleh-Oleh Khas Ti Garut

Kabupaten Garut terletak di Provinsi Jawa Barat dan menyimpan beragam makanan khas yang patut dicoba ketika mengunjungi daerah ini. Selain dodol yang sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas Garut, masih banyak lagi hidangan yang menarik dan lezat yang bisa dijadikan pilihan. Berikut adalah beberapa makanan Khas Garut yang kami rekomendasikan:

1. Dodol Garut

Yang pertama makanan khas Garut yang terbuat dari tepung ketan adalah dodol. Anda dapat menemukan berbagai varian dodol Garut, seperti varian wijen, durian, nangka, kacang, dan masih tentunya banyak lagi. Jangan lupa mencoba dodol piknik, merek dodol Garut yang sangat terkenal dan bisa ditemui di berbagai kota.

2. Chocodot

Masih berhubungan dengan dodol, di Kota Garut ada inovasi menarik berupa dodol coklat bernama chocodot yang diciptakan secara tidak sengaja oleh Kiki Gumelar. Kisahnya berawal saat Kiki Gumelar tidak sengaja menjatuhkan dodol ke dalam adonan coklat, dan ternyata hasilnya terasa lezat.

3. Keripik Moring

Mungkin kamu belum familiar dengan keripik moring. Moring merupakan singkatan dari cimol kering, dan cimol sendiri adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji. Dalam bentuk keripik, cimol menjadi lebih tahan lama dan bisa dinikmati kapan saja.

Keripik moring memiliki bentuk menyerupai cangkang kerang dengan tekstur yang tipis dan renyah. Anda bisa mencoba berbagai varian rasa seperti keju, pedas, BBQ, dan lainnya di berbagai tempat makan di Garut yang instagramable.

4. Burayot

Makanan ringan yang terbuat dari bahan utama beras merah, kacang merah, dan gula aren. Biasanya berbentuk bulat pipih, makanan ini sering disajikan saat perayaan Lebaran dan menjadi favorit masyarakat. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat menjadi camilan yang tak bisa dilewatkan.

Baca Juga:  Mengunjungi Cibiuk Garut Wisata yang Memiliki Daya Tarik Luar Biasa

5. Kerupuk Kulit Khas Garut

Makanan khas Garut selanjutnya yakni kerupuk kulit atau biasa disebut dorokdok, kerupuk ini memiliki ciri khas melalui proses penyamakan kulit. Dalam proses ini, bagian dari kulit yang tidak dipakai bisa diolah menjadi kerupuk kulit yang disebut dorokdok.

6. Sambel Cibiuk

Berdasarkan data yang tersebar di area Kecamatan Cibiuk, ada keyakinan kalau resep sambal Cibiuk awalnya dari Arab. Walaupun demikian, sambal yang dihasilkan di kecamatan tersebut mempunyai rasa yang unik dibanding sambal-sambal yang lain sebab memakai bahan-bahan semacam tomat hijau, srawung, cabe rawit, serta rempah-rempah yang lain 

Dikala ini, sambal Cibiuk bisa ditemui di bermacam kota besar, paling utama Bandung serta Jakarta. Awal mulanya sambal ini cuma disajikan pada acara-acara dengan tamu istimewa ataupun berarti tetapi bersamaan berjalannya waktu, saat ini bisa dinikmati oleh seluruh golongan paling utama di tempat makan lesehan di Garut.

7. Nasi Liwet Garut

Nasi liwet khas Garut disajikan dengan lauk seperti ikan peda, ikan asin, atau ikan pindang. Dilengkapi pula dengan lalapan dan sambal terasi sebagai pelengkapnya. Anda bisa menikmati hidangan ini berbagai tempat makan di Garut view bagus yakni berupa pegunungan dan sawah.

8. Soto Ayam Garut

Soto ayam khas Garut mempunyai kuah yang berbeda dengan soto ayam yang biasa, dengan citarasa yang lebih asin dan gurih sebab menggunakan campuran santan dan rempah-rempah. Kuahnya memiliki warna kuning pekat yang tidak sama dengan soto ayam biasa yang biasanya transparan.

Soto ayam Garut juga sering dihidangkan dengan kacang kedelai dan bawang goreng sebagai penambah rasa yang menggugah selera. Soto ayam Garut menjadi salah satu bukti akan kenikmatan masakan khas Sunda yang tak terlupakan.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Makan di Garut Kota Terbaik dan Enak

9. Baso Aci

Baso aci memiliki perbedaan dengan bakso konvensional yang dibuat dari tepung kanji. Bakso viral Garut ini umumnya diisi dengan daging yang memiliki rasa yang hampir mirip dengan cilok. Terdapat berbagai pilihan baso aci yang dikemas dengan praktis dan dapat dibawa pulang dengan mudah.

10. Surabi Garut

Pantat Gosong atau biasa disebut surabi merupakan salah satu kuliner khas Garut, Jawa Barat, Indonesia yang dapat ditemukan di berbagai tempat di daerah sunda atau Jawa Barat dengan harga terjangkau. Tempat makan di Garut yang enak dan murah untuk makan Surabi adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang masak dalam katel kecil yang dipanaskan dengan bara api.

Bahan-bahan tersebut dikombinasikan dan diolah menjadi adonan, kemudian dibentuk bulat dan dipanggang di atas daun pisang atau loyang besi. Hasil akhirnya adalah roti bulat yang tipis yang memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang gurih.

Surabi sering dinikmati sebagai camilan atau hidangan penutup. Terdapat berbagai variasi surabi yang tersedia, seperti rasa keju, coklat, dan lain-lain. Selain itu, kuliner ini juga menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang dari Garut.

11. Awug

Kue awug adalah salah satu kuliner khas Garut yang terkenal. Kue ini terbuat dari campuran tepung ketan, santan dan gula merah. Bahan-bahan tersebut digabungkan dan diolah menjadi adonan yang membentuk kue berukuran besar dengan ujung yang runcing menyerupai gunung. Kemudian, kue ini dikukus menggunakan daun pisang atau loyang besi hingga matang.

Hasil akhirnya adalah kue berukuran besar dengan bentuk seperti gunung, memiliki tekstur yang lembut, dan rasa yang manis. Kue awug sering dinikmati sebagai camilan atau hidangan penutup. Terdapat berbagai variasi kue awug yang dapat ditemukan, seperti keju, coklat, dan lain-lain.

Baca Juga:  Jejak Wisata Kuliner Garut Dari Menyusuri Kuliner Kerkof Hingga Tempat Wisata Cilopang

12. Emplod

Emplod atau Endog Lewo adalah salah satu jajanan asli Garut yang dibuat dari singkong. Proses pembuatannya dimulai seperti menggiling singkong, mengepresnya, dan membiarkannya kurang lebih 24 jam. 

Setelah itu, singkong dicampur dengan kelapa parut dan berbagai bumbu untuk memberikan rasa yang lezat. Camilan ini sangat populer di kalangan penduduk lokal dan juga di antara wisatawan yang berkunjung ke Garut.

13. Opak Garut

Garut memiliki beragam makanan khas yang disajikan dengan cara yang unik dan sederhana, dan salah satunya adalah opak. Opak bukan hanya makanan yang populer di Garut, tetapi juga merupakan makanan asli Sunda. Bahan dasar opak terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula, air dan garam. Saat ini, terdapat banyak sekali brand opak yang dapat dengan mudah Anda temui di Garut.

14. Ladu

Di Garut, terdapat beragam hidangan khas yang berasal dari daerah Sunda dan layak untuk dicoba. Salah satu contohnya adalah ladu dengan rasa yang manis. Bentuknya menyerupai dodol, tetapi memiliki tekstur yang lebih kenyal. Ladu biasanya terbuat dari tepung ketan putih yang dicampur bersama gula aren, serta disajikan dengan parutan kelapa sebagai pemanis alami.

15. Bakso Gotan

Bakso gotan adalah variasi unik dari bakso yang terkenal di Garut. Isiannya terbuat dari daging sapi cincang yang dicampur dengan parutan kelapa dan rempah-rempah khas Garut.

Proses pembuatannya dimulai dengan mencampur daging sapi cincang dengan bumbu-bumbu khusus seperti bawang putih, merica, garam, dan rempah-rempah lainnya. Adonan bakso dibentuk menjadi bulatan kecil dan diisi dengan campuran daging sapi dan parutan kelapa.

Setelah itu, bakso gotan di Garut direbus dalam kaldu ayam yang kaya rasa. Biasanya, bakso gotan disajikan dengan mie kuning, bihun, sayuran segar, dan taburan daun bawang yang memberikan kesegaran pada hidangan ini. 

Itulah beberapa makanan khas Garut yang dapat menjadi pilihan sebagai oleh-oleh ketika Anda mengunjungi Kabupaten Garut. Kabupaten Garut, terletak di Jawa Barat, Indonesia, dikenal dengan kekayaan kuliner yang menggugah selera ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *