KulinerProdukWisata

Makanan-Makanan Khas Garut Yang Terbuat Dari Tepung Ketan Adalah Makanan Terlezat Yang Pernah Kami Rasakan

Tepung ketan sendiri merupakan salah satu bahan makan yang sering digunakan di dalam kuliner Garut, dan salah satu makanan khas Garut yang terbuat dari tepung ketan adalah Dodol Garut. Meskipun demikian, dodol bukanlah satu-satunya makanan Garut yang dapat Anda nikmati. Kabupaten Garut memiliki banyak jenis makanan khas, seperti dorokdok, burayot, dan makanan lainnya.

Tetapi mungkin Anda memiliki suatu ketertarikan sendiri dengan makanan khas Garut yang terbuat dari tepung ketan. Tentunya hal itu dapat dimaklumi. Makanan-makanan yang terbuat dari tepung ketan biasanya memiliki rasa yang unik dan khas; kekhasan ini tidak akan Anda temukan dari makanan-makanan yang terbuat dari tepung jenis lain. Artikel ini akan membahas berbagai macam makanan khas garut yang terbuat dari tepung ketan, dimulai dari:

1. Dodol Garut

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Dodol Garut merupakan sebuah makanan yang berbahan tepung ketan, gula merah, dan santan cair dari kelapa. Makanan khas ini memiliki rasa yang manis dan bertekstur lengket dan kenyal.

Dodol Garut bisa dibuat dengan cara mencampur tepung ketan dengan santan dan diaduk sampai matang. Setelah adonan ketan matang, gula merah direbus dengan sedikit santan hingga hancur. Adonan ketan yang matang dan gula yang sudah hancur diaduk, dan masukkan santan sedikit demi sedikit sampai minyak dari santan keluar. Jika dodol Garut sudah cukup mengeras, makanan biasanya dibungkus dengan kertas minyak.

2. Ladu

Ladu merupakan makanan Garut yang terbuat dari bahan tepung ketan, gula merah, air dan kelapa parut. Makanan ladu Garut memiliki rasa manis dan gurih, serta tekstur yang kasar tetapi kenyal jika digigit, persis seperti dodol Garut. Ladu dibikin dengan cara menyangrai tepung ketan dan kelapa parut sampai berwarna kuning dan ditiriskan.

Baca Juga:  Kota Garut dengan Kekhasannya: Mengungkap Pesona dan Kekayaan Budaya

Setelah selesai menyangrai, air direbus dalam sebuah panci dan masukan gula merah sampai hancur. Sesudah hancur gulanya, masukan tepung ketan dan kelapa parut dan diaduk rata. Jika sudah rata, ladu Garut ditiriskan dan dibuat bentuk bulat panjang saat masih hangat adonannya. Setelah sudah dibentuk, ladu Garut baluri dengan tepung ketan dan dipotong-potong sesuai selera.

3. Opak

Jika Anda ingin makanan khas Garut yang lebih asin, cobalah opak. Opak adalah suatu makanan khas Garut yang mirip dengan kerupuk dan terbuat dari bahan tepung ketan serta garam dan santan kelapa. Makanan opak memiliki rasa asin dan gurih, dan teksturnya renyah.

Proses pembuatan opak sendiri bukan suatu proses yang panjang, akan tetapi hal ini bukan berarti opak akan memiliki rasa yang tidak enak. Kesederhanaan itu yang memuat opak menjadi salah satu makanan yang paling ‘aman’. ‘Aman’ di sini berarti tidak mudah untuk memasak opak yang tidak enak, sehingga setiap opak yang Anda temukan di Garut dijamin memiliki rasa yang enak.

Kesimpulan

Setelah Anda sudah membaca mengenai beberapa makanan khas garut berbahan tepung ketan, apakah Anda tertarik dengan salah satu makanannya? Walaupun orang hanya mengetahui bahwa makanan khas garut yang terbuat dari tepung ketan adalah dodol Garut, itu bukan berarti tidak ada makanan Garut lezat lain yang terbuat dari tepung ketan. Semoga Anda dapat mencoba setiap makanan yang disebutkan dalam artikel ini.

Related Posts

1 of 8

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *