Wisata

Sensasi Relaksasi dengan Nuansa Alam di Pemandian Air Panas Papandayan Garut

Gunung Papandayan tak hanya memiliki pemandangan alam pegunungan yang eksotis, melainkan juga pemandian air panas yang mampu memberikan kehangatan di tengah suhu udara yang dingin. Taman Wisata Alam Gunung Papandayan menjadi rumah untuk pemandian air panas Papandayan Garut yang tidak boleh Anda lewatkan di Garut. Pemandian air panas ini berjarak kurang lebih 50 menit dari pusat kota Garut dan bisa dicapai menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dua Kolam Renang Air Panas

Memasuki kawasan pemandian air panas, Anda akan menemukan dua kolam yang terpisah. Masing-masing kolam memiliki suhu air yang berbeda, yaitu 30 dan 40 derajat Celsius. Anda bisa memilih kolam dengan suhu air panas yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Jika Anda ingin menghangatkan perut, Anda memang wajib mencari tempat makan di Garut yang menawarkan cita rasa lezat khas Garut. Namun, jika Anda ingin menghangatkan tubuh, berendam di kolam air panas yang airnya bersumber dari sumber mata air panas Gunung Papandayan adalah keharusan. Karena airnya dialirkan langsung dari sumber mata air panas di Gunung Papandayan, air kolam juga mengandung belerang yang bisa dilihat dari warna air kolam yang kehijauan.

Berendam Air Panas di Ketinggian

Suhu udara yang dingin memang tidak mengherankan mengingat lokasi pemandian air panas Papandayan Garut ini berada di ketinggian 2.065 meter di atas permukaan laut. Justru karena dinginnya suhu udara, berendam air panas menjadi pilihan aktivitas yang tepat untuk menghangatkan tubuh.

Selain menikmati kehangatan air kolam, Anda akan disuguhi pemandangan tebing kapur berwarna putih karena kolam air panas menghadap langsung lereng Gunung Papandayan.

Baca Juga:  Menelusuri Jejak Sejarah Islam di Garut, Jawa Barat

Manfaat Kesehatan

Berendam air panas di pemandian bukan sekedar bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Kandungan belerang di dalam air kolam juga memiliki berbagai manfaat lain untuk kesehatan. Air panas dengan kandungan belerang di dalamnya dipercaya bisa menyembuhkan berbagai masalah kulit, termasuk gatal-gatal dan jerawat. Selain itu, air belerang juga berguna untuk meringankan nyeri di persendian dan mengatasi penyakit rematik.

Rehat Setelah Mendaki Gunung Papandayan

Gunung Papandayan sendiri juga menjadi salah satu destinasi pendakian favorit. Banyak pendaki dari berbagai daerah di Indonesia yang rela menempuh perjalanan cukup jauh untuk mendaki Gunung Papandayan.

Perjalanan selama mendaki gunung bukan pengalaman yang mudah pastinya. Kegiatan pendakian gunung memang mengandalkan kemampuan fisik untuk mendaki dan menuruni jalan setapak terjal di Gunung. Setelah kaki lelah berjalan naik dan turun gunung, setelah tubuh lelah memanggul beban bekal pendakian, berendam air panas bisa menjadi solusi jitu untuk melepas penat dan relaksasi setelah pendakian. Banyak pendaki yang memilih berendam di pemandian air panas Papandayan Garut terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan pulang.

Related Posts

1 of 8

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *