Wisata

Menikmati Keindahan Alam Talaga Bodas Garut Yang Menakjubkan

Indonesia kaya akan destinasi wisata alam. Salah satunya adalah danau alami. Ketika berkunjung di Garut, Jawa Barat jangan sampai lupa untuk berkunjung ke Talaga Bodas Garut. Wisata ini harus anda kunjungi ketika berkunjung di Garut.

Talaga Bodas

Talaga Bodas adalah wisata alam populer di Garut setelah Gunung Papandayan. Namanya berasal dari dua kata, “talaga” dan “bodas”. Talaga berarti danau sedangkan bodas berarti putih. Jadi, Talaga Bodas adalah sebuah kawah gunung yang membentuk danau dengan air berwarna putih.

Kawasan ini masih tergolong kawasan vulkanik aktif. Namun, dalam tahap yang tidak membahayakan keselamatan pengunjung. Akibat dari aktivitas vulkanik ini, pengunjung bisa menemukan kawah dengan air belerang dan sumber air panas.

Banyak pengunjung dari luar kota yang ingin merasakan sumber belerang tersebut. Karena sumber belerang milik Talaga Bodas Garut diklaim bisa mengobati segala penyakit.

Aktivitas Menarik di Talaga Bodas

1. Trekking dan Hiking

Pemandangan pertama saat memasuki kawasan wisata ini adalah panorama alam yang memesona. Tanahnya berbukit-bukit dan tingkat kemiringannya relatif curam. Lanskap tanah ini dimanfaatkan sebagai kebun sayuran oleh penduduk setempat.

Kendaraan pengunjung hanya bisa digunakan sampai area parkir Talaga Bodas. Selanjutnya perjalanan akan dilakukan dengan berjalan kaki atau menyewa motor dengan jarak tempuh 1km. Rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan indah dan suasana asri hutan lebat.

2. Mandi Belerang dan Kolam Air Panas

Selain keindahan danau, wisata di Garut ini juga memiliki kolam air panas. Pengelola telah menyediakan tiga buah kolam air panas alami. Kolam ini terletak di sisi kanan bawah lokasi wisata.

Baca Juga:  Tempat Wisata di Garut yang Lagi Hits

Suhu air kolam juga cenderung hangat sehingga wisatawan akan merasa nyaman ketika berendam. Kolam air panas ini tidak memungut tiket masuk karena sudah termasuk ke dalam area Talaga Bodas.

3. Danau yang Indah

Daya tarik utama dari Talaga Bodas tentu adalah danaunya. Danau ini merupakan danau alami dengan warna putih kehijauan. Air danau memiliki kandungan belerang alami. Selain menikmati pesona danau, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan sekitar.

Pemandangan di sekitar danau akan membuat anda lupa dengan hiruk pikuk perkotaan. Lanskap pemandangan ini rasanya rugi jika tidak diabadikan dalam lensa kamera. Sehingga banyak pengunjung yang datang kesini dengan membawa kamera.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam Talaga Bodas tanpa perlu mengeluarkan biaya yang tinggi. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp7.500 di hari libur untuk tiket masuk. 

Sedangkan biaya parkir hanya dipatok sebesar Rp10.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor. Harga ini bisa berubah tergantung waktu dan kebijakan dari pengelola wisata. Talaga Bodas Garut beroperasi pada jam 6.00 sampai 17.45. 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *