BudayaSejarah

Ini Dia Sejarah Garut Lengkap Mulai dari Masa Kolonial

Kota Garut adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Garut terkenal sebagai daerah yang memiliki pesona alam sangat luar biasa. Selain itu disana banyak sekali ditemukan kuliner khas yang rasanya enak dan tiada duanya lho. Namun anda sudah tahu belum sejarah Garut mulai dari masa kolonial sebelum Indonesia merdeka?

Garut sebenarnya bagian dari Kesultanan Banten atau Kesultanan Cirebon, kemudian tahun 1823 mulai masuk ke pemerintahan Hindia-Belanda. Ingin tahu lebih lengkap bagaimana sejarah perkembangan dari derajat pass Garut sejak dulu? Anda bisa simak penjelasan lengkapnya pada pembahasan yang ada di bawah ini. 

Asal-Usul Garut Sebelum Masa Kemerdekaan

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, Kota Garut sudah ada sejak lama bahkan sebelum Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Pada zaman kolonial Belanda, Kota Garut dijadikan sebagai pusat administratif wilayah Priangan Timur meliputi Kota Ciamis dan Tasikmalaya. Kota Garut dulunya juga digunakan sebagai pusat industri tekstil dan penghasil teh Indonesia.

Selain digunakan sebagai pusat perindustrian, Kota Garut juga memiliki jalur kereta api yang menghubungkan kota ini dengan kota besar yang ada di Jawa Barat. Anda bisa menggunakan kereta api dari Garut menuju Kota Jakarta dan Kota Bandung. Bisa dikatakan Kota Garut cukup maju mulai dari dulu, sehingga banyak industri ditemukan di wilayah tersebut. 

Garut Pada Masa Kemerdekaan

Sejarah Garut saat memasuki masa kemerdekaan dimulai dengan aktifnya para penduduk berusaha melawan penjajahan Belanda. Saat itu terjadi peristiwa dinamakan “Insiden Garut”, dimana sekelompok pemuda Garut menculik Letnan Jenderal Hidayat. Insiden tersebut malah membuat kondisi pemerintahan semakin berantakan.

Baca Juga:  Taman Kuliner Cibatu: Menikmati Kelezatan Makanan di Destinasi Kuliner yang Menawan

Setelah Memasuki Masa Kemerdekaan

Setelah Indonesia berhasil merdeka, Garut sudah resmi menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Sekitar tahun 2000-an Garut resmi menjadi kota otonom yang terpisah langsung dari Kabupaten Garut. Semenjak dinobatkan menjadi daerah otonom, Garut telah mengalami perkembangan pesat terutama dalam sektor pertanian, pariwisata, dan industri kreatif. 

Kondisi Kota Garut Saat Ini

Kota Garut kini terkenal sebagai kota wisata yang indah di Provinsi Jawa Barat. Saat berada di Kota Garut, anda akan menemukan berbagai objek wisata yang fenomenal. Beberapa objek wisata yang selalu ramai pengunjung diantaranya Pantai Santolo, Danau Cipanas, Gunung Papandayan, dan masih banyak lagi yang membuat wisatawan merasa tertarik. 

Selain terkenal memiliki objek wisata dengan pemandangan indah, Kota Garut juga memiliki beragam kerajinan tangan seperti anyaman bambu dan batik. Menariknya lagi semua kerajinan tangan di Garut diciptakan oleh masyarakat setempat. Hasil kreasi kerajinan nanti akan dijual kemudian digunakan sebagai tambahan penghasilan. 

Walaupun sejarah Garut mulai dari awal sudah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat, namun Garut tetap mempertahankan warisan budaya dari nenek moyang. Misalnya seperti memelihara makam Pangeran Cakrabuana yang ada di desa Wanaraja.

Related Posts

1 of 2

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *