Berita

Rahasia Keberkahan: Doa Setelah Sholat Tahajud yang Harus Kamu Ketahui!

Keutamaan dan Keberkahan Sholat Malam

1. Pengertian Sholat Tahajud

Sholat Tahajud adalah ibadah sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah tidur. Kata “Tahajud” dalam bahasa Arab berarti “bangun”. Ibadah ini dilaksanakan dengan membaca doa dan dzikir kepada Allah SWT saat kebanyakan orang tengah lelap tertidur.

Sholat Tahajud dianggap sangat mulia dalam Islam. Rasulullah SAW melaksanakannya secara rutin sebagai tanda cinta dan taat kepada Allah SWT, menjadi wujud kesempurnaan iman dan taqwa seseorang.

Keutamaan Sholat Tahajud adalah kedekatan yang diciptakan antara hamba dan Penciptanya di malam hari. Rasulullah SAW mengatakan bahwa Allah turun ke langit dunia di sepertiga malam terakhir dan berkata, “Siapa yang berdoa, Aku akan mengabulkannya; siapa yang meminta ampunan, Aku akan mengampuninya; siapa yang meminta bantuan, Aku akan menolongnya.”

Sholat Tahajud juga dipandang sebagai cara menghindari dosa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam kesunyian malam, seorang hamba bisa merenungkan keagungan Allah dan meminta ampun atas dosa-dosa.

Oleh karena itu, Sholat Tahajud bukan hanya rutinitas ibadah, melainkan juga sarana memperkuat hubungan spiritual dengan Pencipta. Kesungguhan dalam melaksanakannya diharapkan membawa berkah dan petunjuk dari Allah SWT.

2. Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud adalah salah satu ibadah yang memiliki keutamaan yang sangat istimewa di dalam Islam. Rasulullah SAW dan para sahabatnya sangat menekankan pentingnya melaksanakan sholat ini. Berikut adalah beberapa keutamaan dari Sholat Tahajud:

1. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Sholat Tahajud merupakan momen di mana seorang hamba dapat mendekatkan dirinya kepada Sang Pencipta dengan penuh kekhusyukan dan kesungguhan. Dengan sholat ini, seseorang menunjukkan kecintaannya kepada Allah dan kerinduannya untuk berkomunikasi langsung dengan-Nya di tengah malam yang sunyi.

2. Meraih Ketenangan dan Kedamaian

Sholat Tahajud dilakukan di saat sebagian besar manusia sedang tertidur pulas. Hal ini memberikan kesempatan bagi seorang Muslim untuk merenungkan kebesaran Allah, memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan meraih ketenangan serta kedamaian dalam hati.

3. Mendapatkan Keberkahan dan Hidayah

Rasulullah SAW bersabda, “Sholat malam itu mendekatkan kepada Allah, mendekatkan kepada surga, menjauhkan dari neraka, dan menahan diri dari melakukan dosa.” Dengan melaksanakan sholat Tahajud, seorang Muslim diharapkan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya dan mendapatkan petunjuk serta hidayah dari Allah SWT.

Baca Juga:  Pakaian Terasa Lebih Longgar Tetapi Berat Badan Anda Tidak Turun: Fakta dan Solusi

4. Penebus Dosa-dosa

Sholat Tahajud juga memiliki keutamaan sebagai penebus dosa-dosa yang telah dilakukan. Dengan merenungkan kebesaran Allah dan memohon ampunan-Nya di tengah malam, seorang Muslim dapat membersihkan dirinya dari dosa-dosa yang telah terjadi.

5. Meningkatkan Kecintaan kepada Allah

Melalui Sholat Tahajud, seorang hamba dapat meningkatkan kecintaannya kepada Allah SWT. Dengan merasa terpanggil untuk bangun di tengah malam hanya untuk beribadah kepada-Nya, seseorang menunjukkan rasa cinta dan penghormatan yang mendalam kepada Sang Pencipta.

Dengan memahami dan melaksanakan Sholat Tahajud dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan, seorang Muslim dapat merasakan beragam keutamaan dan keberkahan yang terkandung di dalamnya.

Doa-doa Setelah Sholat Tahajud

Berikut ini contoh doa setelah shalat tahajud, lengkap dengan bacaan doa dari Surat Al Isra’ ayat 80:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرِّحِيْمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

اَللهُمَّ اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدَيْنَا وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا وَلِجَمِعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آَمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

رَبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ . سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Tulisan Latin Doa Setelah Tahajud

Bismilllaahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillaahi Robbil ‘aalamiin. Hamdan yuwaafii ni’amahu wa yukaafi-u maziidah. Yaa Robbanaa lakal hamdu kamaa yambaghii lijalaali wajhika wa ‘adhiimi sulthoonik.

Alloohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin walhamdulillaahi robbil ‘aalaamiin.

Alloohummagh firlanaa dzunuubanaa waliwaalidaynaa warhamhumaa kamaa robbayaanaa shighooroo.

Robbanaghfirlanaa wali-ikhwaaninal ladziina sabaquunaa bil iimaan walaa taj’al fii quluubinaa ghillal lilladziina aamanuu Robbanaa innaka ra-uufur rohiim.

Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahablanaa min ladunka rohmatan innaka antal wahhaab.

Robbi adkhilnii mudkhola shidqin wa akhrijnii mukhroja shidqin waj’allii min ladunka sulthoonann nashiiroo.

Baca Juga:  Tempat Wisata Populer Di Garut: Dino Land Garut & Lainnya

Alloohumma innaa nas-aluka salaamatan fid diin, wa’aafiyatan fil jasad, waziyaadatan fil ‘ilmi, wa barokatan fir rizqi, wa taubatan qoblal maut, wa rohmatan ‘indal maut, wamaghfirotan ba’dal maut. Alloohumma hawwin ‘alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa ‘indal hisaab.

Robbanaa hablanaa min ‘azwaajinaa wa dzurriyaatinaa qurrota a’yunin waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa.

Robbanaa taqobbal minnaa innaka antas samii’ul ‘aliim watub ‘alainaa innaka antat tawwaabur rohiim.

Robbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannar.

Subhaana Robbika Robbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun, wa salaamun ‘alal mursaliin, walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

Arti Doa dalam bahasa Indonesia

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.

Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam.

Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami dan kedua orang tua kami, sayangilah keduanya sebagaimana mereka menyayangi kami semenjak kecil.

Ya Allah, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dan janganlah Engkau biarkan ghill (dengki) dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Wahai Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).

Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepadaMu kesejahteraan dalam agama, kesehatan fisik, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.

Wahai Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami istri-istri dan keturunan-keturunan sebagai penyejuk hati dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa.

Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Maha Suci Tuhanmu Yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan. Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.

 

Semua doa yang telah dibacakan adalah doa-doa yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Doa memohon ampunan, kesehatan, keselamatan, kelancaran rezeki, dan perlindungan dari bencana adalah bentuk ungkapan syukur dan rasa tawakal kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga dengan rajin berdoa, kita selalu dilindungi dan diberkahi dalam segala hal, serta keluarga kita senantiasa dalam keadaan aman dan sejahtera. Teruslah berdoa dan percayalah bahwa setiap doa yang tulus akan didengar dan dijawab oleh-Nya. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya. Amin.

Baca Juga:  Antara Analisis SWOT dan 6M dalam hubungannya membangun bisnis restoran

 

Manfaat Doa Setelah Sholat Tahajud

Sholat Tahajud, ibadah sunnah yang dilakukan di malam hari, tidak hanya memberikan keberkahan bagi yang melaksanakannya, tetapi juga doa-doa setelahnya memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa manfaat dari doa setelah Sholat Tahajud:

1. Mendekatkan Diri kepada Allah

Salah satu manfaat utama dari doa setelah Sholat Tahajud adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di saat malam yang sunyi, doa-doa tersebut menjadi sarana untuk berkomunikasi secara langsung dengan Sang Pencipta. Dengan merenungkan makna doa-doa tersebut, seseorang dapat memperdalam hubungan spiritualnya dan merasakan kedekatan yang lebih intim dengan Allah.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Firman Allah dalam Surah Al-Isra ayat 79, “Dan dari sebagian malam hari, bersembahyanglah dengan (mengerjakan) shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

2. Memperoleh Keberkahan dalam Hidup

Doa setelah Sholat Tahajud juga merupakan cara untuk memperoleh keberkahan dalam hidup. Dengan merenungkan kebesaran Allah dan memohon ampunan-Nya, seseorang membuka pintu bagi masuknya keberkahan dalam segala aspek kehidupannya. Keberkahan ini dapat terwujud dalam rezeki, kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan dalam berbagai bidang.

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِحَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Firman Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 201, “Dan di antara manusia ada orang yang berdoa: ‘Ya Tuhan kami, berikanlah kami (kebaikan) di dunia dan (kebaikan) di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.'”

3. Menjauhkan Diri dari Segala Bentuk Kemaksiatan

Doa-doa setelah Sholat Tahajud juga memiliki peran penting dalam menjauhkan diri dari segala bentuk kemaksiatan. Dengan merenungkan dosa-dosa yang telah terjadi dan memohon perlindungan serta petunjuk dari Allah SWT, seseorang lebih mampu mengendalikan dirinya untuk tidak terjerumus dalam perbuatan dosa. Doa-doa tersebut menjadi benteng spiritual yang kuat dalam menghadapi godaan dan cobaan dalam kehidupan sehari-hari.

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Firman Allah dalam Surah Al-Ankabut ayat 45, “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Quran), dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Dengan memahami dan melaksanakan doa-doa setelah Sholat Tahajud dengan sungguh-sungguh, seseorang dapat merasakan manfaat besar dalam kehidupannya. Selain mendekatkan diri kepada Allah dan memperoleh keberkahan, doa-doa tersebut juga membantu seseorang untuk menjaga diri dari segala bentuk kemaksiatan dan mengarahkan hidupnya menuju jalan yang benar.

Related Posts

1 of 2

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *